Perkembangan Teknologi Terbaru Di Indonesia





Perkembangan Teknologi Terbaru Di Indonesia - Seiring berubahnya zaman semakin banyak pula perubahan kemajuan teknologi di dunia, termasuk di Indonesia. Zaman ini seakan tiada hari tanpa inovasi teknologi, maka pantas jika dalam jangka waktu yang belum lama para ilmuan berhasil menemukan teknologi-teknologi baru yang lebih canggih sehingga masyarakat semakin diuntungkan untuk memudahkan hidupnya. Membahas teknologi, apa saja sih teknologi terbaru yang ada di Indonesia saat ini? Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Teknologi 4G LTE





Di Indonesia sedang ramai diperbincangkan oleh seluruh kalangan masyarakat dengan munculnya teknologi baru yakni teknologi internet 4G Long Term Evolution atau lebih dikenal jaringan 4G LTE. Sebagian besar masyarakat berlomba-lomba untuk membeli produk tersebut dan mencobanya untuk kemudahan dalam mengakses internet dengan jaringan super cepat.

Internet sudah menjadi konsumsi wajib bagi manusia untuk berkomunikasi, berinteraksi bahkan untuk berbisnis dengan media sosial atau website. Banyak hal yang dapat diambil manfaatnya dari akses internet membuat para ilmuan terus menerus melakukan penelitian dan terbukti berhasil menciptakan jaringan internet 4G LTE yang memiliki akses internet 10x lebih cepat dari jaringan sebelumnya. Sebelumnya jaringan internet bernama 3G dan 2G yang memiliki akses internet yang bisa dikatakan masih memiliki akses internet yang lambat.

LTE sendiri adalah akses data untuk komunikasi nirkabel dengan menggunakan jaringan berbasis GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Sedangkan 4G sendiri adalah fourth-generation technology , disebut seperti itu karena 4G merupakan generasi keempat teknologi telpon seluler, dimana sebelumnya terdapat 3G dan 2G. Design 4G member memberikan layanan IP-based voice, data dan multimedia streaming dengan kecepatan mulai dari 100Mbit per detik sampai 1Gbit per detik.

2. Teknologi Robotic surgery Indonesia



Setelah pembahasan perkembangan teknologi informasi di Indonesia, sekarang beralih ke perkembangan teknologi kedokteran di Indonesia. Kedokteran sangat membutuhkan teknologi-teknologi yang mendukung untuk menangani pasien dengan panyakitnya. Nah, saat ini rumah sakit di Indonesia sudah menerapkan sistem robotic surgery yaitu robot yang berfungsi untuk membantu proses pembedahan. Hikmah dari terciptanya robot ini adalah banyaknya penyakit yang dapat disembuhkan melalui proses pembedahan.

Jika dibandingkan dengan pembedahan tradisional tanpa menggunakan robotic surgery, operasi selalu dihubungkan dengan bekas luka yang besar, resiko operasi yang lebih tinggi dan memerlukan waktu pemulihan yang lama. Sementara, jika operasi dilakukan dengan bantuan robotic surgery adalah pasien hanya akan menderita luka sayatan kecil sehingga proses pemulihan akan lebih cepat. Paradigma tersebut secara perlahan telah berkurang dengan pengenalan dan kemajuan dari minimal invasive surgery (MIS).

Dengan kontrol dan artikulasi dari tangan dan jari dokter, tangan robot dapat bergerak dengan bebas layaknya tangan dokter yang berada di dalam rongga bedah seperti rongga perut. Meskipun ada beberapa kekurangan dalam teknik MIS, namun di tangan ahli bedah yang menguasai teknik tersebut maka manfaat yang lebih baik bisa didapatkan sehingga mengurangi resiko operasi yang sering terjadi dalam teknik operasi tradisional.

Satu kekurangan dari MIS adalah proses MIS harus dilakukan oleh dokter ahli bedah tingkat tinggi. Tanpa ahli bedah proses ini tidak bisa dilakukan. Jadi, dokter membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendalami ilmu bedah sampai dengan kemampuan tertinggi guna untuk mengurangi resiko kegagalan dalam melakukan operasi. Biasanya ilmu yang rumit untuk dipelajari adalah masalah patologi atau ilmu penyakit.

3. Panser Anoa



Panser Anoa adalah sebuah kendaraan berlapis baja buatan PT. Pindad. Kendaraan tempur ini mengadopsi panser VBA buatan Perancis. Awalnya kendaraan ini diragukan kehandalannya. Namun sekarang telah menjadi idola bagi militer Indonesia. Bahkan panser ini telah mendapat pengakuan dunia internasional dan dibeli oleh beberapa negara seperti Malaysia, Brunei, Singapura, dan beberapa negara lainnya. Panser Anoa memiliki beberapa varian, seperti Ambulans Logistik (untuk amunisi, pionir, dan bahan bakar), Mortir, komando Recovery, dan Intai.

Panser beroda enam ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 90 km per jam. Bahkan juga mampu melompat selebar satu meter serta menanjak dengan kemiringan sampai dengan 45 derajat. Selain itu, juga bisa menahan ledakan ranjau hingga massa 8 kg di bagian roda gardan dan di tengah-tengah badan.

Itulah beberapa Perkembangan Teknologi Terbaru Di Indonesia saat ini. Masih banyak teknologi di Indonesia yang belum saya share, nantikan artikel saya berikutnya untuk mengetahui lebih lanjut. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga bermanfaat.